Jumat, 09 Maret 2012

Pesta adat batak.

Kali ini gw mau nulis tentang pesta adat batak. Menurut penglihatan dan apa yang gw rasain pada saat acara ini berlangsung.. Gak perlu panjang lebar gw ngomong langsung aja ketempat kejadian.

Pekanbaru - riau..
Aryaduta, pagi hari..
Gw masih berselimutria diatas kasur. Pas gw membuka mata semuanya putih seperti gw didalam sebuah tempat yang dikelilingi kain berwarna putih dan rasanya asik banget. Dan gw gak mau kemana mana, pengen stay disitu aja. But life must goon, gw buka selimutnya dan bangun. Makan roti dan minum susu ultra yang udah dibeli smlm diSKA hypermart. Ternyata roti ini rasanya enak juga yah.. Kenapa dari dulu gw gak pernah nyobain ni roti, pasti sekarang udah gendut karena makan roti ini muluw.

Habis antrian mandi sama adek gw kita dressup buat kenikahan sepupu gw digereja - hkbp pekanbaru riau. Adek gw 2 kali ganti baju dan akhirnya dia milih buat make baju warna merah hitam, gw make baju kemeja maroon dan jeans hitam. Setelah kelar bersiap siap sepupu gw jemput dikamar 509 (kamar kita) trus ke kamar 610 (kamar tante gw) setelah sampai disana tante gw almost ready but not ready. Yaudah kita turun kebawah untuk sarapan dulu dan disitu udah nunggu kakak bokap gw sambil baca koran, kita salam salamin dulu baru breakfast.

Disitu ada nasi kuning, ayam kecap dan bihun (ini makanan yang gw ambil) yang lainnya gw lupa. Hahhaa... Dengan ditemani teh manis hangat dan susu putih as usually.. Dulu kalo sarapan dibali juga gitu. Teh manis hangat dan susu putih. Yaudah sepupu dan adek gw juga sarapan seperti biasa. 15 menit sarapan langsung keatas lagi, setelah ngobrol 1 menit sama kakak bokap gw yang ternyata dia nungguin kita, dan kita juga udah dijemput sama sepupu gw. Dan dia langsung pamit pergi sama supirnya. Jadi gak enak euy..

Setelah tante gw ready kita bergerak menuju kegereja hkbp - pekanbarunya. Tamu udah pada ngumpul digerejanya dan 15 berikutnya mulai acara pemberkatan nikahanya. Gw sama adek gw disitu jadi babu om dan tante gw. Sebenarnya tujuan kita kesana mau berpesta atau mau jadi babu yah.. 30 menit acara pemberkatan nikahnya. Setelah selesai kita langsung kegedung serbagunanya untuk memulai acara adatnya.

Sebelum masuk kegedung serba gunanya kita harus berdiri diluar dulu. Ibu2 bawa beras yang udah dimasukin kedalam tempat gitu, gak ngerti gw apa namanya. Dan bapak - bapaknya gak bawa apa apa. Sambil nari tor tor, kita disambut dari depan pintu sampai masuk kedalam dan dikasih tempat didekat panggung pelaminan, which is kita kelompok yang paling terakhir. Itu kita kira ada 6 kelompok yang dibagi menurut marga. Ribetnya minta ampun dah. Sampe adek gw udah kesel aja. Hahaha..

Setelah duduk didalam ada beberapa sambutan dari ketua adat batak didaerah situ yang kira - kira 15 menit setelah sambutan itu kelar gw kira udah langsung waktunya makan.. Gw udah nyendok nasi udah nuangin air digelas dan ternyata belum waktunya makan, masih ada sambutan lagi entah dari siapa lagi.. Gw langsung masukin nasinya kedalam tempat nasi lagi.. Malu gw! Hahaha. Untungnya kita duduk paling belakang. Setelah itu baru deh doa makan sama pendetanya. Dimeja udah ada ikan mas, saksang (daging babi yang dimasak pake darah), sop dan sayur apa lagi tuh lupa gw namanya.

Dalam hati gw.. Ini makanan apaan lagi coba, dan gw udah niatan dalam hati gw, gak boleh makan yah.. Ini kolesterolnya tinggi banget, mau mati lo? Ok ok.. Gak makan gw.. Datenglah waktu makan siang... Ada ibu - ibu nanya ini mau dimakan nggak, ada tiga piring saksang. Dan kata adeku enggak. Eh! Langsung dimasukinya itu daging kekantong kresek. Langsung 2 piring saksang itu dimakan sama gw dan adek gw aja. Yang niatan udah gak mau makan, eh dimakan juga tu makanan. Ampun dah. Dan itu rasanya aeeeennaaakkkkk bangeeeetttttt! Buat yang gak pernah nyoba makan makanan beginian rugi! Hahahah.

Yaudah setelah abis makan ada acara lagi, sipengantin yang udah duduk diatas pelaminan disuruh nari tor tor sama keluarganya sambil bentuk lingkaran lonjong gitu, muter muter 3 kali. Trus turun kebawah. Duduk lagi dibawah. Trus ngomong pake bahasa batak yang gw gak ngerti sama sekali. Pengantinya dikasih beras, ikan mas dan makanan - makanan lainya gak terlalu keliatan yah, trus mereka (pengantinnya) naik lagi kepelaminan.. Nari tor tol lagi trus tamu yang bukan keluarga naik keatas sambil salam salaman lagi diatas.. 30 menit habis cuma untuk salam salaman aja. Dan itu ada 3 kali. Which is itu sampai 1 setengah jam kita nunggu.

Trus bagian marga gw, kita berdiri dan om gw ngasih sambutan beberapa menit baru kita nari tor tor sambil mempersilahkan mereka lewat muterin kita satu satu kalo gak salah ini mempersilahkan kedua mempelay untuk minta restu dari marga gw yang ngewakilin nyokapnya dia (kaka bokap gw) yang udah meninggal dluan beberapa waktu lalu.. Habis sesi itu kita nunggu lagi tuh sekitar sejam. Ampun dah lama bangetttt...

Setelah itu baru pemberian ulos. 6 marga yang bakal ngasih ulos dan 6 marga itu bawa pasukanya ratusan orang. Marga pertama ngasih sambutan 30 menit dan yang lain udah pada bete nungguin karena mau ngasih ulor aja lamanya minta ampun! Termasuk gw juga bete nunggunya sambil makan kwaci bareng sama tante dan sepupu2 gw udah kaya hamster dimeja belakang. Hahahaha.. Itu kalo diliatin aneh kali yah, kwaci yang udah berantakan dimeja. Nunggu sampai jam 5an baru deh giliran marga keluarga gw. Sekitar 40 orang berdiri dibawah pelaminan dan om gw ngasih sambutan.

Suasana mulai berubah jadi sedih karena kita dari keluarga nyokapnya yang udah meninggal juga.. Gw sempat terharu dan mau (˘̩̩̩^˘̩̩̩) cuma bisa ditahan untungnya. Yaudah setelah ngasih sambutan sama om gw, kita langsung naik ketas panggung pelaminan untuk ngasih ulos sama pengantinya. Sambil nari2.. Setelah ngulosin kita balik lagi duduk which is itu acaranya udah selesai dan kita balik kehotel. The show is over!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar