Sabtu, 02 Januari 2010

Pembuatab Webstite Toko Hewan Peliharaan Hamtaros Menggunakan PHP Dan MYSQL

Hewan peliharaan khususnya hamster semakin digemari oleh para pencinta hewan dari berbagai kalangan baik tua maupun muda, karena postur tubuhnya yang terbilang kecil dan lucu menjadikan hewan yang satu ini punya ciri khas dan keunikan tersendiri untuk dipelihara.
Di zaman modern sekarang ini semakin banyak pertokoan atau tempat usaha yang berkembang, sehingga persaingan pun semakin ketat. Termasuk toko hewan peliharaan yang menjual hamster. Penyebaran informasi dan promosi dari suatu badan usaha semakin dibutuhkan agar pertokoan tersebut dikenal atau diketahui oleh masyarakat. Karena, semakin pertokoan atau tempat usaha tersebut diketahui oleh masyarakat maka akan mempermudah pemasaran produksinya.

Internet sebagai salah satu sarana informasi yang populer saat ini semakin banyak digunakan. Internet mempunyai jangkauan yang luas, karena dapat mencapai hampir ke setiap pelosok dunia. Karena jangkauannya yang luas ini, Internet sangat ideal bila digunakan sebagai sarana promosi dari suatu badan usaha, Dimana mereka dapat membuat website yang berisi informasi tentang tokonya.

Pada saat ini penggunaan web dalam usaha kecil menengah belum banyak digunakan oleh para pemilik toko. Untuk itu penulis tertarik untuk membuat sebuah website yang khusus untuk mempromosikan dan juga memasarkan hamster, website ini akan memiliki katalog lengkap mengenai hamster, dari jenis hamster itu sendiri sampai perlengkapannya, website ini juga menyediakan sarana bagi para calon pembeli untuk memesan hamster secara online dengan mengikuti prosedur pemesanan sederhana.
Web penjualan hewan peliharaan secara online ini menyajikan tampilan-tampilan yang berupa informasi secara detail dari hamster ataupun perlengkapan yang diperjualkan, apabila konsumen berminat memesan maka, konsumen tinggal memilih barang yang diinginkan dan secara otomatis barang tersebut akan disimpan kedalam keranjang belanja, dari sana konsumen bisa melanjutkan memilih barang atau hamster yang lain, apabila konsumen sudah merasa puas memesan maka mereka dapat langsung melanjutkan ke proses pemesanan selanjutnya yaitu registrasi, dalam proses registrasi pemesan diharuskan mengisi form data pemesan, apabila terdapat kesalahan atau data yang dimasukkan tidak sesuai format yang dimaksudkan maka akan muncul pesan kesalahan sehingga dapat mencegah calon pembeli yang hanya iseng atau tidak serius dalam memesan.
Pada website ini juga terdapat halaman pesan yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pemesan dan penjual, pada halaman ini pemesan dapat mengirimkan email kepada pemilik toko. Halaman ini juga bersifat secure dimana dapat mencegah pengunjung jahil yang dapat mengirim data-data yang tidak sesuai dengan format email. Website ini juga dilengkapi dengan artikel yang berisi berbagai informasi tentang hamster, sehingga diharapkan konsumen mengerti dan mendapatkan kenyamanan dalam berbelanja secara virtual. Dibawah ini terdapat truktur dari database yang dipakai dalam website Hamtaros.

1. Struktur Tabel Admin.

Dimana dalam tabel ini hanya dapat diakses oleh admin saja.

2. Struktur Tabel Artikel

Dalam Tabel ini berisikan tentang artikel. Seperti bagaimana cara merawat hamster dengan baik dan sebagainya.

3. Struktur Tabel Barang

Dalam Tabel ini Terdapat barang-barang yang dijual seperti kandang, makanan hamster dan hewan perliharaannya (Hamster)

4. Struktur Tabel Customer

Dalam tabel ini terdapat data dari costumer seperti nama, alamat dan sebagainya.

5. Struktur Tabel Categori

Dalam Tabel Categori terdapat kd kategori, nama Kategori dan Keterangan.

6. Struktur Tabel Order.

Dalam Tabel ini Terdapat Jumlah barang dan Total pembelian.

7. Struktur Tabel Email

Dalam Tabel ini terdapat tempat dimana constumer dapat memberitahukan kepada admin jika costumer sudah mentransfer pada rekening admin atau costumer ingin memesan barang yang tak terdapat dalam daftar belanja.

Website toko hewan peliharaan Hamtaros ini merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai macam informasi mengenai hamster melalui media internet. Karena keberadaan internet itu tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, maka aplikasi penjualan online ini dapat menyediakan sarana pemesanan secara lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh para pengguna atau konsumen. Hal ini berbeda dengan sistem pemesanan secara langsung yang harus mendatangi suatu tempat untuk melakukan transaksi pembelian, yang mungkin untuk mendatangi suatu tempat tersebut membutuhkan jarak tempuh yang lama.
Untuk membuat aplikasi penjualan online ini, tidak begitu mudah. Apalagi pada bagian user melakukan pembelian. Berarti pada saat user melakukan pembelian, data pesanan dan data user tersebut tersimpan dalam database. Menggabungkan tampilan web dengan database merupakan hal yang tidak mudah jika untuk pemula.
Setelah membuat situs penjualan online ini, maka penulis menarik kesimpulan yaitu ternyata sistem penjualan online sangat membantu konsumen untuk melakukan pembelian hewan peliharaan, dalam hal ini hamster. Sehingga pemilik toko hamster dapat dengan mudah mempromosikan tokonya

Sumber

  • [1]. Bunafit Nugroho, Perancangan Web dengan Dreamweaver, Penerbit Gava Media, Yogyakarta, 2005.
  • [2]. Firdaus, 7 Jam Belajar Interaktif PHP & MySQL dengan Dreamweaver, Penerbit Maxicom, Palembang, 2007.
  • [3]. Dominikus Juju, Tips & Trik Desain Web Untuk Pemula, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta, 2006.
  • [4]. Website www. Hewanpeliharan.com, 27 Juni 2008
  • [5]. Website www.wikipedia.com, 27 Juni 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar