Rabu, 06 Januari 2010

Kesabaran


Sering kali kadar dari kesabaran kita diuji. Entah apapun masalahnya dari masalah yang sangat rumit ataupun masalah yang tidak terlalu rumit. Bagaimana cara kita untuk mengatasi kesabaran kita. Saya selalu bertanya dalam hati saya. Apakah saya harus sabar dalam menghadapi masalah ataukah saya harus meledakan masalah ini, jika saya meledakan atau mengeluarkan amarah karena kadar kesabaran saya yang sudah habis. Dan bagaimana dampak yang akan terjadi jika saya mengeluarkan amarah itu. Berikut ini adalah pengertian dan penjelasan dari kesabaran.

Kesabaran adalah sikap yang tetap tenang dilandasi dengan pengertian yang benar, pada saat kita mengalami atau menghadapi kondisi-kondisi yang tidak menyenangkan. Orang lain atau teman yang berperilaku tidak baik terhadap kita, pada saat itulah sesungguhnya kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk melatih kesabaran. Kalau menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan, orang – orang yang mengganggu kita, mungkin juga ingin menghancurkan kita kalau pada saat itu timbul kemarahan, kejengkelan ataupun dendam. Pada saat itulah tampak betapa lemahnya mental kita menanggapi keadaan – keadaan yang tidak menyenangkan, menghadapi orang – orang yang menyulitkan kita, kalau timbul emosi atau sikap serampangan yang didorong sikap kebencian atau kemarahan sesungguhnya sikap seperti itu sangat merugikan kita sendiri, tampak jelas tidak ada ketahanan mental, tidak ada kekuatan batin dalam diri kita untuk menghadapi hal-hal yang tidak menyenangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar