Sabtu, 02 Januari 2010

5 cm


Pada tanggal 13/12 – 2009. saya mengikut acara afg (anggunesia fans gathering). Saya menjadi salah satu member dari Anggunesia. Dan pada hari itu (minggu) diadakan meeting bersama dengan anggota yang lainnya didaerah semanggi. Dikarenakan ada salah satu member yang baru kembali dari liburannya dinegara China. Dia membawa beberapa sufenir dan makanan ringan yang dijadikan oleh – oleh untuk member yang lain termasuk saya. Setelah meeting dan bercengkeramah sekitar 4 jam difoodcourt mall semanggi. Kitapun menujuh ketoko buku gramedia yang letaknya dibawah.
Setelah masuk dan menitipkan dan ditempat penitipan barang. Anggunesia mulai menyebar kearah yang berlawanan. Saya melangkahkan kaki saya dari bagian buku tentang computer, komik, majalah dan kemudian langkah sayapun terhenti dibagian Best seller atau buku yang lagi Laku. Sepanjang mata memandang dibagian best seller Twilight dari buku pertama hingga Seri yang terakhir. Kemudian saya membatin. “Twilight masih aja yah banyak peminatnya” kemudian mata saya tertujuh pada sebuah buku berwarna hitam dan ada sebuah tulisan putih diatasnya “5 cm” kemudian saya membaca synopsis dari buku itu yang terdapat dibelakangnya “5 cm and a new me” sebuah buku dari Donny Dhirgantoro.
Tak beberapa kemudian salah satu anak Anggunesia datang menghampiri saya. Dan mengatakan “eh gw udah baca itu buku., beli aja bagus kok dan gak bakalan nyesel” dia menceritakan sedikit tentang buku itu dan kemudian merinding. “tuh gw ampe merinding nyeritainnya”. Kemudian lama kelamaan Anggunesia yang lain berkumpul dan mendekati bagian best seller. Lalu ada yang mengatakan “eh itu buku keren banget dan tentang persahabatan, bagus deh pokoknya”. Dengan tanpa banyak pertimbangan sayapun bergegas membawa buku “5cm” itu kekasa. Dan membayarnya sebesar Rp60.000. termasuk agak mahal sih untuk ukuran seorang mahasiswa yang tinggalnya ngekos.
Setelah keluar dari Gramedia. Anggunesia menujuh kelantai 10. dimana dilantai 10 terdapat sky dinning atau yang lebih dikenal dengan food court. Yang berbeda hanyalah outdoor. Selama disky dinning pikiran saya hanya tertujuh pada buku yang baru saya beli tadi. “kira kira apa yah isi buku ini”. Kalau saya boleh jujur. Seumur hidup saya belum pernah sekalipun membaca novel. Dikarenakan males. Apa lagi melihat buku yang berukuran tebal. Lalu anggunesia yang sudah tidak bias menahan rasa laparpun memesan makanan. Selama manunggu pesanan makanan. Obrolan terjadi. Sayapun membuka tas dan menyobek sampul plastic pada buku yang baru saya beli.
Sayapun mulai membaca buku itu ditengah – tengah orang.
….come what may. Once again a dreams come true..salah satu keindahan didunia ini yang akan selalu dikenang adalah ketika bias melihat atau merasakan sebuah impian menjadi kenyataan. Dan, bagi penulis buku ini adalah salah satu keindahan itu. Sebuah kata pengantar dan pengucapan syukur dari penulis yang telah menyelesaikan buku yang ditulisnya. Dan diakhiri dengan kata keep our dreams alive… and we will survive. Lalu sayapun masuk kedalam suasana yang saya ciptakan berdasarkan buku itu.
5cm. menceritakan tentang 5 orang anak manusia yang menjani hidup dijakarta. Dimana terdiri dari 1 orang perempuan dan 4 orang lelaki yaitu. Riani, Genta, Ian, Adrian dan Zafran. 5 orang kawan ini bertemu waktu duduk dibangku kuliah. Hingga lulus. Persahabatan merekapun masih terjalin. Kemana – mana mereka selalu bersama. Dari menonton film dibioskop, nongkrong dipinggir jalan. Mereka menamai geng nya “power rangers”. Kemudian sayapun mendengan suara yang mengatakan “kalau baca itu dirumah sekarang waktunya kita ngumpul, kapan lagi kita mau ngumpul??” kemudian dengan refleks saya mengangkat kepala dan meliat semua pandangan anggunesia tertujuh pada saya. Dengan cepat saya menyimpan buku itu.
Beberapa jam telah berlalu dan akhirnya kita harus menyudahi meeting pada hari itu. Perut terisi dan kata perpisahan mengiasi telinga. Sayapun beranjak menaiki bus dengan rute xderes – depok. Dengan tanpa piker panjang saya melanjutkan membaca buku itu. Hingga sampai didepok. Saya menghabiskan waktu selama 3 hari untuk membaca 5cm yang penuh dengan kejutan. dimana 5 sahabat itu memutuskan untuk berpisah selama 3 bulan. Dan pada saat bertemu mereka bertemu distasuin senen dengan rute Jakarta – malang Dimana dari situlah terjadi petualangan dari 5 orang sahabat ini. Dimana mereka mendaki gungung mahameru untuk menghadiri upacara 17 agustus.
ada saatnya sedih dimana mata sayapun ikut berkaca – kaca dan ada juga saat dimana saya tertawa geli. Novel ini mengajarkan saya dimana jika kita mempunyai suatu keinginan atau kemauan. Kita hari menarohnya didepan jidat kita sejauh 5 cm. agar kita bias selalu mengingat dan berusaha untuk mewujudkan keinginan itu. Selama kita selalu berusaha. Dan juga bagaimana kita bisa menghargai tanah air tercinta kita Indonesia. Saya sangat merekomendasikan pada teman – teman yang belum membaca buku ini. Saya bangga. akhirnya saya sudah membaca sebuah novel hingga selesai dan sudah tidak sabar untuk membaca lagi novel yang lain. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar